Rabu, 13 Juni 2012

Andragogi

Apa itu andragogi?
Istilah andragogi ini pada awalnya digunakan oleh Alexander Kapp (pendidik Jerman) pada tahun 1833. Andragogi ini merujuk kepada ilmu dan kaedah mengajar golongan dewasa kedalam suatu struktur pengalaman belajar. Andragogi berasal dari bahasa Yunani yang berarti mengarahkan orang dewasa.

 Teori Knowles tentang andragogi dapat diungkapkan dalam empat postulat sederhana :
Orang dewasa perlu dilibatkan dalam perencanaan dan evaluasi dari pembelajaran yang mereka ikuti (berkaitan dengan konsep diri dan motivasi untuk belajar)
Pengalaman (termasuk pengalaman berbuat salah) menjadi dasar untuk aktivitas belajar (konsep pengalaman)
Orang dewasa paling berminat pada pokok bahasan belajar yang mempunyai relevansi langsung dengan pekerjaannya atau kehidupan pribadinya (kesiapan untuk belajar)
Belajar bagi orang dewasa lebih berpusat pada permasalahan dibanding pada isinya (orientasi belajar)

Secara biologis, seseorang disebut dewasa apabila ia telah mampu melakukan reproduksi. Secara social, seseorang disebut dewasa apabila ia telah melakukan peran-peran social yang biasanya dibebankan kepada orang dewasa. Secara psikologis, seseorang dikatakan dewasa apabila telah memiliki tanggung jawab terhadap kehidupan dan keputusan yang diambil.
Inti teori andragogi ini adalah teknologi keterlibatan diri (ego) peserta didik.
Artinya, kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran peserta didik terletak pada keterlibatan diri mereka dalam proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar